Senin, 23 Oktober 2017

Tips Ampuh mengatasi rasa gugup saat akan tampil berbicara didepan umum


gambar orang malu atau tidak percaya diri

Setiap orang pasti pernah merasakan gugup untuk tampil berbicara didepan umum,  tidak sedikit orang yang tidak mau berbicara didepan umum dikarenakan alasan tertentu, misalnya malu, takut dan lain-lain. Wajar saja jika seseorang merasa gugup ketika akan tampil berbicara di depan orang banyak, seseorang yang sering tampil berbicara di depan umum juga terkadang merasa gugup ketika akan tampil untuk berbicara di depan umum, apalagi seorang yang tak pernah atau jarang tampil berbicara di depan umum.

Ada sebagian orang yang merasa terganggu akibat rasa gugup tersebut dan terkadang muncul pertanyaan dalam hati seseorang bagaimana cara mengatasi gugup ketika akan tampil berbicara di depan umum, nah kali ini saya akan membagikan artikel mengenai cara atau tips mengatasi rasa gugup ketika akan tampil berbicara di depan umum.

Tapi sebelum saya membagikan tips tersebut, ada baiknya terlebih dahulu anda mengetahui penyebab dan alasan munculnya rasa gugup sehingga membuat orang tidak mau tampil berbicara didepan umum, penyebabnya antara lain : 
  1. Kekurangan fisik
    Banyak orang yang menjadi pemalu karena memiliki kekurangan fisik tertentu, misalnya tubuh yang pendek, kurus, gendut, cacat dan lain-lain. Bagi orang tertentu kekurangan fisik ini merupakan sebuah aib atau sesuatu yang harus disembunyikan agar orang lain tidak mengetahuinya. Dan kekurangan fisik ini juga terkadang membuat seseorang lebih suka menyendiri atau lebih suka suasana yang sepi daripada keramaian, yang lebih parahnya lagi kekurangan fisik ini mengakibatkan seseorang menjadi minder dan tidak mensyukuri kelebihan  yang telah dimilikinya.

  2. Tidak biasa berbicara didepan umum
    Penyebab yang kedua ini sering kali dijadikan alasan oleh orang yang tidak mau berbicara didepan umum. Saya sendiripun pernah melakukannya, saya tidak mau ketika saya dipanggil oleh teman untuk tampil berbicara didepan orang banyak, lalu dia bertanya mengapa saya tidak mau kemudian saya jawab saya tidak biasa bicara didepan umum atau orang banyak, lebih baik panggil orang lain saja, teman saya tertawa mendengarnya. Dari pengalaman saya tersebut dapat saya simpulkan bahwa tidak mudah memang untuk berbicara didepan orang banyak, apalagi berbicara didepan orang - orang besar seperti pejabat, artis, tokoh agama dan publik figur lainnya.

  3. Takut
    Tiap orang memiliki rasa takut, seberani apapun orangnya pasti dia memiliki rasa takut juga. Ada orang yang melawan rasa takut itu sehingga lama-kelamaan rasa takut itu akan berkurang dan adapula seseorang yang membiarkan rasa takut itu selalu ada pada dirinya. Menurut saya rasa takut ada banyak macamnya, misalnya rasa takut pada Tuhan, takut setan, takut pada seseorang dan takut untuk tampil berbicara didepan umum. Nah takut yang akan saya bahas ini adalah takut untuk tampil berbicara didepan umum, umumnya orang yang takut berbicara didepan umum lebih memilih untuk menjauhi keramaian atau tidak mau hadir pada kumpulan forum-forum tertentu dikarenakan seseorang itu lebih suka akan suasana yang sepi dan ia akan nyaman dengan kesendiriannya. Jika rasa takut ini dibiarkan selalu ada pada diri kita, maka rasa takut ini dapat membuat kita tidak akan berkembang menjadi orang yang aktif dan kreatif.

  4. Malas
    Empat kata dari saya untuk orang pemalas, yaitu masa depan yang suram. Saya tidak pernah mendengar cerita orang malas yang sukses karena kemalasannya, yang saya tahu tokoh-tokoh besar dunia dapat menjadi sukses karena sebuah ketekunan dan kerja keras yang sering dilakukannya secara terus-menerus. Kesuksesan tidak dapat digapai secara instan, butuh waktu yang cukup lama untuk mencapai kesuksesan. Jika anda pernah melihat ada orang yang sukses secara instan, itu hanyalah sebuah keberuntungan sesaat saja dan memang biasanya orang yang sukses secara instan tidak akan bertahan lama dengan kesuksesannya. Apa yang dapat diharapkan dari orang pemalas? Saya rasa tidak ada yang dapat kita harapkan dari orang pemalas. Toh untuk melawan rasa malas pada dirinya saja dia tidak bisa, apalagi untuk membantu kita. Jadi janganlah berharap kepada seseorang pemalas.
    Terkadang kata malas juga sering dijadikan alasan oleh orang yang tidak mau berbicara didepan umum, saya pernah mendengar alasan seperti itu dari teman saya sendiri. Ketika dia dipanggil kedepan untuk berbicara didepan umum dia tidak mau. Lalu saya tanya mengapa kamu tidak mau kedepan untuk berbicara dan dia menjawab malas ah, buat apa kedepan dan berbicara, ga ada untungnya. Dari pengalaman itu saya dapat mengatakan bahwa malas juga dapat menjadi penyebab seorang tidak mau berbicara didepan umum.

Menurut saya itulah penyebab seseorang gugup sehingga tidak mau berbicara didepan umum. Setelah kita mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya untuk mengetahui tips ampuh mengatasi rasa gugup sehingga membuat orang tidak mau tampil berbicara didepan umum yaitu sebagai berikut :

  1. Bersyukur
    Sudah bersyukurkah anda hari ini? Jika belum maka bersyukurlah, bersyukur atas apa yang telah Tuhan anugerahkan kepada anda. Bersyukurlah atas apa yang telah anda miliki dengan ucapan doa dan diiringi tindakan nyata yang menunjukkan bahwa anda bersyukur kepada Sang Pencipta. Yakinlah Tuhan punya tujuan yang baik dari kekurangan ataupun kelebihan yang anda miliki, toh setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, dan anda mungkin sudah sangat sering mendengar kata ini tidak ada manusia yang sempurna. Sebaik dan sehebat apapun seseorang pasti dia memiliki kekurangan pada dirinya, tetapi kekurangan itu tidak menjadikan dia lemah dan menyerah. Mulai sekarang bersyukur dan fokuslah pada kelebihan anda, maksimalkan kelebihan yang anda punya dan percaya dirilah.
      
  2. Berlatih
    Sering berlatih membuat anda lebih siap untuk berbicara didepan umum, seperti kata pepatah "hasil tidak akan menghianati usaha". Berlatihlah agar rasa gugup anda berkurang ketika akan tampil berbicara didepan umum, mulailah latihan membaca sebuah buku yang berisikan dialog dengan suara yang lantang dan jelas, rekam suara anda agar anda dapat mengoreksi dan mengetahui apa kesalahan atau kekurangan anda ketika membaca dialog tersebut. Latihan selanjutnya yaitu berbicara didepan cermin, jika anda bingung untuk berbicara apa maka bacalah sebuah buku apa saja dan hapalkan 10-20 kata, berdirilah didepan cermin kemudian berbicaralah dengan suara yang keras dan intonasi yang jelas dan latih juga gestur tubuh anda ketika berbicara didepan cermin supaya tubuh anda tidak kaku pada saat berbicara didepan umum. Semakin rajin anda berlatih tentu saja kemampuan anda akan lebih baik, selalu koreksi kesalahan anda ketika berlatih, ulangi terus latihan sampai anda tidak melakukan kesalahan itu lagi. Tujuan kedua latihan tersebut adalah agar anda lebih siap ketika akan tampil berbicara didepan umum sehingga anda tampil percaya diri dan rasa gugup anda akan berkurang.

  3. Berdoa
    Jangan lupa berdoa sebelum akan tampil berbicara didepan umum, berdoa agar anda percaya diri dan rasa gugup anda dihilangkan pada saat akan tampil, berdoalah dengan keyakinan agama anda sendiri. Saya seorang muslim, saya diajarkan oleh teman saya, katanya agar tidak gugup ketika akan tampil berbicara didepan umum bacalah istighfar 3x didalam hati. Dan ada lagi doa yang dibaca agar dimudahkan urusan dan ucapan, yaitu doa nabi Musa as, doa itu ada di Al quran surah thaha ayat 25 - 28, doanya sebagai berikut :


    Saya rasa kebanyakan orang muslim telah mengetahui doa ini, jadi seringlah berdoa sebelum akan tampil berbicara didepan umum agar anda mendapatkan ketenangan dan menghilangkan rasa gugup anda.
  4. Berani memulai dan lakukanlah
    Dan tips yang terakhir ini tidak kalah penting dari tips-tips diatas, malahan percuma jika kalian hanya bersyukur, berlatih dan berdoa tapi anda tidak pernah memberanikan diri untuk tampil berbicara didepan umum. Ketiga tips diatas akan terasa sia-sia jika anda tidak berani memulai dan melakukannya, beranilah memulai dan berbicaralah didepan umum dengan persiapan yang telah anda lakukan saya rasa anda bisa mengontrol rasa gugup anda sehingga perlahan-lahan rasa gugup itu akan hilang. Dan jangan lupa tersenyumlah sebelum anda berbicara, senyum juga dapat mengurangi rasa gugup anda.

Nah itulah beberapa tips ampuh yang dapat mengurangi rasa gugup anda ketika akan tampil berbicara didepan umum, tips diatas saya dapatkan berdasarkan pengalaman saya sendiri dan dilingkungan sekitar saya, baik itu teman, keluarga ataupun oranglain. Kalahkan rasa takut anda, mulailah percaya diri dan fokuslah pada kelebihan yang anda miliki. Jangan takut berbuat salah, karena setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Ambillah pelajaran dari kesalahan dan jangan lakukan lagi kesalahan itu.
Semoga artikel  ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan nantikan artikel selanjutnya yang lebih menarik dan bermanfaat, terimakasih atas kunjungannya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar